Apa Itu Smart Card?

Menurut situs Wiki, Smart Card (kartu pintar), chip card atau integrated circuit card (ICC) adalah kartu yang berukuran sebesar kantong (pocket sized) yang ditanam oleh rangkaian sirkuit-sirkuit secara terintegrasi. Smart Card terbuat dari plastik, biasanya polyvinyl chloride, tapi dapat juga ditemukan dengan bahan polyethylene terephthalate yang berdasar polyesters, acrylonitrile butadiene styrene atau polycarbonate. Sejak April 2009, Perusahaan di Jepang mengganti bahannya smart card dengan bahan kertas.

Banyak para Ahli juga mendefiniskan, Smart Card (Kartu Pintar) adalah kartu plastik dengan ukuran kartu kredit, yang ditanam microchip yang dapat menyimpan dan memanggil data, digunakan juga untuk menelepon, pembayaran secara elektronik, atau aplikasi lainnya, yang secara berkala dapat di-refresh dan digunakan kembali. Smart Card juga dikategorikan sebagai sebuah alat atau device yang mempunyai sirkuit yang terintegrasi dan berfungsi juga sebagai kontrol pengamanan atau memiliki tingkat kepintaran sendiri dengan kapasitas internal memori atau chip. Kartu tersebut dihubungkan dengan kontak langsung atau jarak jauh, dengan frekuensi radio. Ketika ditanam microchip, Smart Card memiliki kelebihan khusus yaitu mampu menyimpan data yang cukup banyak dan dapat diintegrasikan atau dihubungkan dengan smart card reader.

Teknologi Magnetic Stripe (Kartu Magnetik) digunakan hampir sebagian besar industri di Amerika Serikat, Karena kemudahannya untuk dibaca, dimasukkan data, dihapus atau diganti. Tetapi Stripe diketahui bukan jalan yang terbaik untuk menyimpan informasi yang sangat rahasia atau sensitif. Untuk melindungi konsumennya, terutama pebisnis di Amerika telah menginvestasikan sistim satu pintu mainframe jaringan komputer untuk verifikasi dan pemrosesannya. Berbeda dengan di Eropa yang tidak menyiapkan infrastuktur seperti di Amerika, tapi lebih fokus ke sistim intelejensia kartu tersebut

Lebih dari satu miliar Smart Card telah digunakan. Sementara itu, Eropa tercatat sebagai pengguna Smart Card terbesar. Ovum, sebuat lembaga penelitian, memprediksi 2,7 miliar smart card telah didistribusikan di tahun 2003. Sebuah penelitian lainnya mencatata 26,5 milliar US Dollar pada tahun 2005. Compaq and Hewlett-Packard dilaporkan menggunakan keyboard yang memiliki slot Smart Card dan dapat dibaca layaknya Kartu Kredit.

Fakta bahwa smart card lebih populer di daratan Eropa dibanding Amerika Serikat, di Eropa, asuransi kesehatan dan sektor bank menggunakan secara masif dan intensif. Tercatat setiap warga negara Jerman telah memliki Smart Card untuk asuransi kesehatannya. Meskipun smart card telah menjelma menjadi kebutuhan mendasar di era modern seperti sekarang, termasuk di Amerika yang cepat atau lambat dipastikan akan sangat berkembang

Sekarang atau di waktu yang akan datang, masyarakat menggunakan smart card untuk

  • Untuk Indentifikasi personal ketika log in ke provider internet atau online banking
  • Penggunaan telepon genggam dan pembayarannya
  • Pembayaran bis atau tiket kereta
  • Ketika pendaftaran atau pembayaran di Rumah sakit dan jasa lainnya
  • Pembelian Online melalui website
  • Pembelian bensin di Pompa Bensin

Related Post

TOP